Kamis, 21 Juni 2012

8 Drama Korea Terpopuler


8 Drama Korea Populer


Hay, Chingu....!!! Mau tau gak 8 drama Korea apa aja yang populer menurut versi Double_S? Mau tau gak? Ya pasti maulah ya :D Siapa tau aja salah satu dari drama Korea favorit kalian masuk nominasi niiih :) Cepetan? Waduh! Sepertinya udah gak sabar nih... Oke... Oke.... Nah untuk itu, karena udah pada gak sabar pengin tau drama Korea apa aja sih yang kira-kira jadi nominasi, silahkan kalian ubek-ubek sendiri aja ya potingan berikut ini...!!! Cekidoooot CHINGU ^^

1. Sassy Girl Chun Hyang
sassy-girl-chun-hyang.jpg
Sassy Girl Chun Hyang (SGCH) adalah salah satu drama terfavorit dalam era Arus Korea yang melanda Asia dan Amerika akhir-akhir ini. Disiarkan pertama kali oleh KBS di Korea Selatan pada awal tahun 2005, SGCH menjadi salah satu drama dengan rating tertinggi di Korea Selatan pada tahun tersebut. Bergenre komedi romantis, SGCH sukses menyatukan plot drama komedi dengan adegan yang menyentuh, diiringi soundtrack yang mendukung. Parodi berbagai film dan serial terkenal sertacuplikan versi legenda pada setiap akhir episode juga turut mewarnai drama ini.
Adaptasi modern kisah Chun Hyang berfokus pada kisah cinta antara Chun Hyang dan Mong Ryong. Chun Hyang (diperankan oleh Han Chae Young) dikisahkan sebagai pelajar SMA yang cerdas, baik hati, pekerja keras, berbakat dalam mendesain perhiasan dan tegas. Dilahirkan dari keluarga miskin dan memiliki seorang ibu yang berprofesi sebagai penyanyi di klab malam, Chun Hyang berjuang keras untuk tetap menjadi rangking 1 di sekolah seraya bekerja paruh waktu guna mencukupi kebutuhan hidup dan biaya kuliah di masa datang.
Sementara Lee Mong Ryong (Jae Hee) datang ke kota Namwon berstatus sebagai siswa pindahan dariSeoul yang sering membuat masalah. Melalui sebuah insiden di taman kota, Chun Hyang berkenalan dengan Lee Mong Ryong yang merupakan anak Kepala Polisi Namwon yang baru. Perkenalan keduanya berlanjut di sekolah.
Saat mengunjungi Chun Hyang yang sedang sakit di rumahnya karena keisengannya, Mong Ryong tanpa sengaja meminum minuman keras yg dikiranya sari buah dan kemudian mabuk, hingga tidur di sebelah Chung Hyang yang sedang sakit sampai pagi. Akibat hal tersebut, orang tua mereka sangat malu dan bermaksud menikahkan mereka dan mereka harus tetap melanjutkan sekolah. Padahal, Mong Ryong masih mencintai kakak kelasnya di Seoul, Chae Rin (Park Si Eun). Setelah ditolak Chae Rin, keduanya memutuskan untuk menikah dan tetap bersekolah. Chae Rin perlahan merasa kehilangan Mong Ryong dan meminta pemuda itu kembali padanya. Di lain pihak, Chun Hyang mulai mendapatkan simpati dari Byun Hak Doo (Eom Tae Woong), pemilik sebuah perusahaan entertainment yang tampan dan kaya raya namun berhati dingin. Saat simpati tersebut berubah menjadi obsesi, Direktur Byun mencari berbagai cara untuk memisahkan Chun Hyang dan Mong Ryong yang sedikit demi sedikit mulai saling mencintai.
Berbagai gangguan datang dari Chae Rin dan Direktur Byun namun mereka malah semakin dekat dan akhirnya bermaksud menggelar resepsi pernikahan. Dirktur Byun tidak terima dengan keadaan ini dan merancang sebuah jebakan agar Mong Ryong dipenjara. Dia mendapatkan janji Chun Hyang untuk meninggalkan Mong Ryong dan bertunangan dengannya seta berangkat ke Jepang bersama sebagai syarat agar Mong Ryong dibebaskan. Chun Hyang bercerai dari Mong Ryong dan naik pesawat bersama Direktur Byun ke Jepang. Namun ia berhasil lari dari Direktur Byun dan memulai hidup barunya, menjalankan bisnis aksesoris hingga menjadi seorang bos perusahaan aksesoris diBusan.
Waktu terus berlalu, Mong Ryong kini adalah seorang jaksa dan mengira Chun Hyang masih di Jepang. Direktur Byun terus mencari Chun Hyang dan akhirnya berhasil mendapatkan gadis itu tengah menghadiri pernikahan sahabat dekatnya semasa SMA secara sembunyi-sembunyi. Direktur Byun meminta Chun Hyang kembali padanya, namun ditolak dan Chun Hyang mengancam akan pergi ke luar negeri. Mong Ryong akhirnya berhasil menemukan Chun Hyang dan mulai mengusut kembali kasus yang pernah membuat ia dipenjara. Akhirnya dalam sebuah konferensi pers, Direktur Byun mengakui perbuatannya dan merelakan Chun Hyang dan Mong Ryong kembali bersama.
2. Full House
Taraaaa....!!! Inilah drama seri Korea yang “best seller” dengan tema cerita sederhana, namun dikemas dengan sangat memikat. Full House termasuk salah satu ikon Korea yang membuat banyak orang yang dulunya tidak menyukai Korea, akhirnya kepincut abis untuk terus menyaksikan drama Korea yang lain.
Dikisahkan tentang Li Yeong-jae, seorang aktor yang parlente dan tengah naik daun. Dalam perjalanannya ke Shanghai untuk pembuatan film terbarunya dengan artis lokal,ia dan Han Ji-eun (seorang gadis biasa yang cenderung naif) bertemu di pesawat. Han Ji-eun yang baru pertama kali naik pesawat dengan cuek bertanya ini itu bahkan memuntahkan makanan ke baju Yeong Jae. Dari sinilah “perjodohan” mereka sebenarnya telah dimulai.
Setelah Ji-eun pulang ke Korea, ia kaget karena rumahnya Full House yang dibangun almarhum ayahnya telah dijual oleh sepasang sahabat karibnya– yang merupakan satu-satunya sahabat yang dia punya. Lebih kaget lagi, karena yang membeli adalah Yeong Jae lewat perantara manajernya. Karena kasihan dengan Ji-eun yang telah yatim piatu dan sempat jatuh sakit, serta tidak punya siapa-siapa (karena temannya kabur entah ke mana), Li Yeong-jae menampung Ji-eun di rumahnya. Tapi ada syaratnya, Han Ji-eun harus mau bekerja sebagai pembantu — bersih-bersih dan memasak — karena Ji-eun juga harus membayar utangnya kepada Yeong-jae yang dipinjamkannya waktu di Shanghai.
Di sisi lain, Yeong-jae mencintai temannya semenjak kanak-kanak Hui-yuan yang juga menjadi desainer Yeong-jae. Namun ia bertepuk sebelah tangan, karena Hui-yuan justru mencintai seniornya Liu Mingge yang juga merupakan teman sepermainan Yeong-jae dan Hui-yuan sedari kecil.
Karena kesal cintanya ditolak, Yeong-jae melamar Ji-eun. Ji-eun yang tidak tahu apa-apa menolak mentah-mentah. Tapi ia luluh juga, karena ia diiming-imingi mendapatkan Full House. Ji-eun akhirnya setuju, karena perkawinan itu cuma kontrak 6 bulan, punya perjanjian tidak mencampuri kehidupan pribadi masing-masing, tidak ada kontak fisik, mendapatkan gaji sebagai istri, dan paling menggiurkan adalah mendapatkan Full House kembali. Perjanjian bisa batal– terutama hak mendapatkan Full House, jika membocorkan hal kawin kontrak ke pihak lain.
Sangat masuk akal, tinggal serumah, bertemu setiap hari,menumbuhkan benih-benih cinta di antara Li Yeong-jae dan Han Ji-eun. Meskipun pertemuan terbesar mereka adalah bertengkar, tidak mampu menghambat tumbuhnya benih cinta di antara keduanya. Bahkan Li Yeong-jae mencari-cari alasan untuk memperpanjang kontrak perkawinan menjadi 3 tahun.
Dalam perjalanannya, Han Ji-eun yang berprofesi sebagai penulis novel bertemu dengan Liu Mingge, orang kaya yang mempunyai perusahaan penerbitan. Bisa ditebak Liu Mingge yang sebelumnya acuh tak acuh dengan perempuan yang hanya mengejar-ngejarnya karena ketampanan dan kekayaannya, tergila-gila dengan Han Ji-eun yang polos.
Pertarungan pun dimulai. Liu Mingge yang geram melihat Li Yeong-jae yang sering menyia-nyiakan Ji-eun karena sibuk mengejar cinta Hui-yuan, berusaha menyenangkan dan selalu menjadi tempat curhat bagi Ji-eun. Li Yeong-jae pun dibakar api cemburu, meski di sisi lain tidak mau melepaskan Hui-yuan. Sedangkan Hui-yuan memanfaatkan Yeong-jae sebagai pelarian setelah cintanya ditolak Liu Mingge. Ia bertekad menghancurkan rumah tangga sahabat karibnya itu dan membawa kembali cinta Li Yeong-jae untuknya.
Meski sering bertengkar, berpisah dalam waktu lama dan “bercerai”, tidak membuat bara cinta antara Li Yeong-jae dan Han Ji-eun padam. Bahkan semakin menjadi-jadi. Cinta yang dipupuk oleh kebersamaan dan waktu itu membuat mereka akhirnya dipersatukan dalam mahligai rumah tangga yang seutuhnya dan sesungguhnya.


3. Boys Over Flowers

Boys Over Flowers (꽃보다 男子 atau 꽃보다 남자) adalah drama adaptasi Korea yang diadaptasi dari manga Jepang Hana Yori Dango. Boys Before Flowers sendiri mulai ditayangkan tanggal 5 Januari 2009 di KBS2TV dan berakhir pada tanggal 31 Maret 2009 dengan 25 episode. Sebelumnya serial ini sudah pernah dibuat dari negara asia seperti JepangTaiwan, serta Indonesia. Film ini bergenre romantis, tak luput dari serial dari negara sebelumnya serial ini cukup menyorot penonton di Korea Selatan. Walaupun serial ini pernah diliris, namun sutradara membuat serial ini lebih berbeda dari serial sebelumnya dengan artis dan aktor pendatang baru. Film ini menjadi gebrakan hits di berbagai negara luar Korea Selatan seperti IndonesiaMalaysiaFilipina, dan berbagai negara Latin lainnya.
Geum Jan Di (Koo Hye Sun) adalah seorang gadis yang berasal dari keluarga biasa yang memiliki toko laundry yang terletak di dekat sekolah Shin Hwa, sekolah paling bergengsi di Korea Selatan. Awal cerita dimulai ketika Jan Di hendak mengantarkan laundry milik salah seorang siswa Shinhwa, ternyata laundry itu milik siswa yang akan bunuh diri karena stress mendapat bullying dari F4. Secara kebetulan Jan Di menolong anak itu. Tindakannya segera menjadi perhatian publik dan menyulut kemarahan publik terhadap Shin Hwa. Untuk menenangkan kemarahan publik, Jan Di ditawari beasiswa renang untuk dapat bersekolah di Shinhwa, awalnya ia menolak namun akhirnya menerima setelah keluarganya memaksanya.
Selama hari pertama di Shinhwa. Jan Di mencoba untuk menghindari konfrontasi dengan F4, karena dia tahu apa yang terjadi pada mereka yang berani menentang F4. Gu Jun Pyo (Lee Min Ho), Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong), So Yi Jung (Kim Bum), dan Song Woo Bin (Kim Joon) adalah anak-anak paling kaya dan paling berkuasa di sekolah Shinhwa dan di Korea Selatan. Mereka menggunakan kekuasaan untuk meneror siswa lemah atau orang-orang yang tidak suka pada mereka. Jan Di, alih-alih terkesan, menjadi marah dan muak terhadap F4 terutama kepada Gu Jun Pyo, pemimpin dan inisiator dari banyak tindakan bullying. Keberaniannya bangkit ketika seorang teman, Oh Min Ji, tidak sengaja menumpahan es krim pada sepatu Jun Pyo dan Jun Pyo menuntut gadis itu untuk menjilati sepatunya. Jan Di membela temannya dengan menggantikan Min Ji untuk menjilati sepatu Jun Pyo. Dengan berpura-pura menjilat, Jan Di membungkuk lalu melemparkan es krim di wajah Jun Pyo. Marah karena hal ini, Gu Jun Pyo menyatakan perang terhadap Jan Di dan menyuruh siswa lain untuk mengerjai Jan Di. Jan Di, mencoba bertahan, menolak untuk meminta maaf kepada Gu Jun Pyo, dan berdiri dengan keputusannya untuk melawan dia.
Sahabat terbaik Jan Di, Ga Eul (Kim So Eun) sering menemukan dirinya di tempat yang sama dengan Yi Jung. Suatu hari, Yi Jung menemukan Ga Eul menangis setelah ia dicampakkan pacarnya.Yi Jung mengajak Ga Eul ke sebuah klub malam di mana mantan pacar Ga Eul sering terlihat. Yi Jung pura-pura jatuh cinta dengan Ga Eul untuk membuat cemburu mantan pacarnya. Setelahkejadian ini, Ga Eul jatuh cinta pada Yi Jung. Pada Hari Valentine, dia menunggu di luar rumahnya, untuk memberinya coklat. Yi Jung datang dengan dua orang gadis dan menolak coklat pemberian Ga Eul. Ketika Ga Eul marah, Yi Jung mengingatkan bahwa mereka di klub malam itu hanya bersandiwara, dan itu bukan salahnya jika Ga Eul menganggap itu serius.
Menganggu Jan Di terus menerus malah membuat Gu Jun Pyo jatuh cinta pada gadis itu. Dengan segala cara Jun Pyo berusaha mendekati Jan Di. Ketika cinta mulai mekar di antara Jan Di dan Jun Pyo, ibu Jun Pyo mengetahui hubungan mereka dan tidak menyetujui hubungan keduanya. Dia melakukan segala cara untuk membuat mereka berdua berpisah, bahkan mengatur perkawinan bagi Jun Pyo dengan gadis lain. Para anggota F4 lainnya dan Ga Eul mencoba untuk menyatukan mereka kembali. Sampai akhirnya Gu Jun Pyo melamar Jan Di.

4. Princess Hours

princess-hours.jpg

Princess Hours (KoreaHanja, diromanisasi sebagai Goong) dan dikenal juga sebagai The Imperial HouseholdLove in PalacePalace Love atau Palace adalah serial televisi yang diadaptasi dari soonjong manhwa Goong oleh Park So-Hee.

Terletak di realitas abad ke-21 alternatif di mana Korea memiliki keluarga kerajaan, sejak tahun 1945 sampai sekarang, acara ini berkisar pada kehidupan Mahkota Pangeran (Hwangtaeja) Lee Shin, dan pengantin baru, Chae-kyeong. Keluarga kerajaan yang digambarkan dalam acara ini dimodelkan setelah keluarga kerajaan terakhir dari Korea, yang pada kenyataannya memerintah sampai awalPendudukan Jepang pada tahun 1910 dan tidak diaktifkan kembali setelah Jepang menyerah padaPerang Dunia II, 1945.
Rangkaian off dimulai dengan berita bahwa Raja, ayah Shin, sangat sakit. Dengan pandangan suram terhadap kesehatan Raja, keluarga kerajaan mengacak untuk menemukan istri bagi Shin, sehingga memungkinkan dia untuk mengambil alih tahta kerajaan jika keadaan membutuhkan. Meskipun jatuh cinta dengan gadis lain, balerina ambisius dan berbakat Hyo-rin whom Shin awalnya usulan (dia menolak dia untuk mengejar mimpi itu balet), Shin akhirnya menikah biasa untuk siapa ia bertunangan dengan kakek akhir dalam perjanjian lama dengan kakek gadis itu. Shin kawin keras kepala tersebut atau belum dicintai Chae-kyeong setelah penolakan Hyo-rin's. Meskipun awalnya tidak ada perasaan untuk Chae-kyeong, cinta akhirnya bunga antara pasangan seiring berjalannya waktu.
Sementara itu, bagaimanapun, hal-hal yang lebih rumit dengan kembalinya Lee Yul dan ibunya Lady Hwa-Young, yang pernah menjadi Putri Mahkota (Bingoong) sebelum kematian suaminya, Pangeran Mahkota akhir, kakak arus King. Yul dan ibunya diusir dari istana beberapa waktu setelah kematian ayahnya, dan ia kemudian mengungkapkan bahwa ini karena penemuan Raja dari sebuah urusan antara ibu Yul dan Raja saat ini yang adalah saudara ayahnya lebih muda. Ibu Yul sudah kembali dengan motif jahat dalam pikiran; untuk mengembalikan anaknya kembali ke takhta, yang seharusnya pada akhirnya, jika ayahnya tidak meninggal. Serangkaian acara menimpa istana dengan skema ibu Yul melakukan, dan lebih intensif oleh skandal yang melibatkan keluarga kerajaan, yang termasuk hubungan Shin terus dengan api rin lamanya Hyo-, dan kasih tunas Yul mengembangkan untuk Chae-kyeong, pengantin sepupunya yang baru-ditemukan. Hal-hal yang keluar dari tangan dan banyak insiden terjadi.
Shin kunjungan Thailand. Hyo-rin bertemu di sana dan meminta dia untuk membawanya ke bandara, menjebaknya untuk kencan.

5. Winter Sonata

Winter Sonata (Winter Ballad/Winter Love Storybahasa Korea겨울연가) adalah seri kedua dari drama serial Endless Love produksi KBS. Serial ini diproduksi Maret 2002 di Korea Selatan. Di Jepang, drama ini ditayangkan NHK dari April hingga September 2003, dan menandai dimulainyagelombang Korea di Jepang dan seluruh Asia. Dalam bahasa Jepang, judul drama ini ditulis sebagaiFuyu no Sonata (冬のソナタ?), 冬日戀歌 (Dōngrì Liàn'gē) atau 冬季戀歌 (Dōngjì Liàn'gē) dalambahasa Mandarin, dan Bản tình ca mùa Đông dalam bahasa Vietnam.

Cerita dimulai ketika Joon-sang, putra seorang musikus terkenal, pindah ke Chuncheon, kota kecil di Korea Selatan. Sebagai murid berbakat, Joon-sang yang pendiam disukai teman-teman dan para guru. Joon-sang percaya tiada seorangpun yang benar-benar mencintainya karena ia percaya ayahnya sudah meninggal setelah bertengkar dengan ibunya.
Pada suatu hari, Joon-sang bertemu rekan sekelas bernama Yu-jin, dan mereka jatuh cinta. Namun hubungan mereka tidak berlangsung lama. Joon-sang menjadi korban kecelakaan lalu lintas hingga menderita amnesia akibat kerusakan otak.
Ibu Joon-sang ingin mengembalikan rasa hormat sang putra terhadap dirinya. Seorang psikolog dimintanya untuk mencuci ingatan Joon-sang. Semua ingatan Joon-sang ketika dibesarkan sebagai anak tidak sah menjadi terlupakan. Bersama sang ibu, Joon-sang kemudian pindah ke Amerika Serikat. Di sana, Joon-sang memakai identitas baru sebagai Li Min-hyung. Sementara itu kepada semua teman-teman dan guru, Joon-sang dikabarkan meninggal dunia.
Sepuluh tahun berlalu, Joon-sang telah menjadi arsitek pemenang penghargaan di Amerika Serikat. Ia sudah tidak ingat lagi semua pengalaman hidupnya di Korea. Joon-sang telah menjadi orang yang berbeda, seorang berhati terbuka yang peduli terhadap orang lain, termasuk terhadap ibunya. Ia kembali ke Korea dan Yu-jin kebetulan melihatnya di sebuah jalan. Yu-jin sudah menjadi seorang desainer interior. Ia teringat masa-masa indah bersama Joon-sang hingga membatalkan pertunangan dengan Sang-hyuk yang sahabatnya sejak masih kanak-kanak. Yu-jin tidak tahu Joon-sang sudah berpacaran dengan teman sekaligus saingannya, Chelin. Yu-jin mulai bekerja di kantor arsitek tempat Joon-sang juga bekerja, dan ingin tahu apakah Joon-sang masih mengingatnya.

6. Endless Love

Inilah drama seri yang menuturkan pergulatan cinta yang awalnya bermula dari jalinan kasih kakak-beradik. Mengikuti drama percintaan yang lain, serial Endless Love ini merupakan drama favorit di negeri asalnya. Cerita bersambung ini mengharu-biru Anda dengan kisah cinta yang sangat menyentuh hati.
Dikisahkan tentang Yun Joon Suh (Song Seung Hun) dan Eun Suh (Song Hye Kyo) dibesarkan sebagai kakak beradik selama 14 tahun sampai munculnya sebuah fakta yang mengejutkan keluarga mereka. Ternyata Eun Suh bukan adik perempuan kandung Joon Suh melainkan anak orang lain yang tertukar ketika masih bayi.
Peristiwa tersebut terjadi gara-gara bocah lelaki cilik Joon Suh secara tidak sengaja memainkan label nama dalam ruang bayi di rumah sakit tempat adik perempuan Joon Suh dilahirkan.
Akibatnya Eun Suh yang seharusnya berada di keluarga Choi, jadi dipelihara oleh keluarga Yun yang merupakan keluarga berada. Sedangkan adik perempuan asli Joon Suh, Shin Ae (Han Chae Young) dipelihara keluarga Choi yang miskin. Kekeliruan tersebut tanpa sengaja terungkap ketika Eun Suh mengalami kecelakaan pada usia 14 tahun.
Begitu terungkap, kehidupan Eun Suh dan Shin Ae berubah total. Shin Ae yang akhirnya kembali ke pelukan keluarga Yun dan Joon Suh pun dibawa oleh ayah-ibunya ke Amerika Serikat. Sedangkan Eun Suh ditinggalkan di Korea pun terpaksa membanting hidup untuk menyambung hidupnya.
Walaupun begitu waktu dan jarak yang ribuan mil tidak kuasa membuat Joon Suh dan Eun Suh tidak bisa melupakan kasih sayang di antara mereka. Setelah sembilan tahun berlalu, keluarga Yun akhirnya kembali ke Korea.
Joon Suh yang telah menginjak usia dewasa dan bertunangan dengan seorang wanita sesama seniman, Shin Yoo Mi (Han Na Na), tanpa sengaja bertemu lagi dengan Eun Suh di sebuah hotel. Eun Suh kini bekerja di sebuah hotel milik sahabat Joon Suh, Hun Tae Suhk (Won Bin).
Pertemuan Joon Suh dan Eun Suh ternyata mendatangkan kesulitan di kemudian hari. Sebab mereka akhirnya menyadari bahwa cinta kasih di antara mereka tidak lagi merupakan kasih kakak beradik melainkan telah berubah menjadi cinta antara pria dan wanita.
Namun mereka juga menyadari tidak mudah mewujudkan hal tersebut sebab Joon Suh telah punya tunangan. Tidak hanya itu, Eun Suh pun dicintai Tae Suhk. Bahkan pergulatan cinta di antara mereka bertambah rumit, ternyata Shin Ae  tergila-gila kepada Tae Suhk.

7. Naughty Kiss (Playfull Kiss)

Playfull Kiss adalah drama televisi Korea Selatan yang dibuat berdasarkan manga asal Jepang,Itazura Na Kiss oleh Tada Kaoru.

Seorang gadis SMU bernama Oh Ha Ni (Jung So Min) yang berada di bawah kelasnya, telah naksir pada siswa laki-laki populer dan jenius bernama Baek Seung Jo (Kim Hyun Joong) sejak dia melihat dia di hari pertama SMU. Ha Ni memutuskan untuk mengakui melalui surat, tetapi ditolak oleh Seung Jo, yang mengatakan kepadanya bahwa ia membenci anak perempuan bodoh. Gempa ringan yang merobohkan rumah Ha Ni. Sementara rumah akan dibangun kembali, Ha Ni dan ayahnya (Kang Nam Gil) menginap di rumah teman masa ayahnya, yang kebetulan adalah ayah Seung Jo. Sekarang mereka berdua harus hidup bersama dalam senang dan kekacauan yang terjadi dan Ha Ni mencoba untuk mendapatkan hati Seung Jo.

8. My Princess

My Princess (마이 프린세스) adalah sebuah serial drama televisi Korea Selatan yang disiarkan oleh MBC pada tahun 2011, dibintangi Kim Tae-hee dan Song Seung-hun.

Sebagai seorang siswa biasa, Lee Seol, mengetahui bahwa dirinya adalah seorang putri dan cicit dari kaisar terakhir Dinasti JoseonKaisar Sunjong. Cucu dari ketua Daehan Group, Park Hae-young, ditugaskan untuk mendidik Seol tentang etika berperilaku yang baik. Sayangnya, Hae-young terjebak dalam situasi genting ketika ia mengetahui dirinya jatuh cinta kepada Seol, gadis yang akan mewarisi semua hartanya jika monarki tersebut berhasil dikembalikan.

 Inilah ke 8 serial drama Korea populer versi Double_S... Bagaimana Chingu? Setuju gak? Setuju dong :D

Ehem,,, Dan baiklah sebagai penutup, tak jemu-jemunya kami  sampaikan untuk kritik, saran, dan komentar sangat kami tunggu lhoo :)


 


 




MINGGU, 16 OKTOBER 2011

Istana-Istana di Korea


Gyeongbokgung, salah satu bangunan istana Korea.
Istana Korea adalah arsitektur Korea yang berupa istana-istana kerajaan yang dibangun pada masa kuno di Korea. Walaupun rancangan ibukota dan istana Korea mengikuti prinsip-prinsip Cina kuno, namun Korea yang telah mengembangkan budaya independen selama 2000 tahun menghasilkan perbedaan-perbedaan yang tidak sedikit. Bangsa Korea mempertahankan elemen asli yang tidak dapat ditemui di negara-negara tetangganya.
  • Kerajaan-kerajaan kuno Korea telah mendirikan ibukota dan istana mulai abad ke-1 Sebelum Masehi, namun bentuk-bentuknya tidak lagi dapat diketahui. Bahkan tidak ada sedikitpun bukti arsitektur yang bisa dipelajari dari kerajaan Gojoseon (2333 SM-250 SM). Istana-istana Tiga Kerajaan (57 SM-668 M) dapat diketahui secara kasar lewat beberapa catatan sejarah dan situs-situs bersejarah. Gambaran awal yang paling jelas dapat ditelusuri mulai abad ke-20 lewat rancangan ibukota Dinasti Goryeo (918-1392), Gaegyeong.
Tiga Kerajaan
Para penguasa Tiga Kerajaan saling bermusuhan satu sama lain. Mereka sering memindahkan ibukota dan membangun istana baru. Ada dua karakteristik yang bisa diamati dari ibukota Tiga Kerajaan, pertama, selalu dibangun di dataran berbukit-bukit dekat sungai dan komplek istana diposisikan mengikuti aliran sungai. Kedua, adanya konstruksi benteng gunung (sanseong) sebagai tempat pengungsian di saat darurat.
Goguryeo
Ibukota Goguryeo yang kedua terletak di kota yang sekarang bernama Ji'an, sebelah utara Sungai Yalu. Tempat ini dilindungi gunung-gunung tinggi di tiap sisi dan di situ pernah dibangun istana dan benteng gunung. Pada tahun 413, ibukota Goguryeo dipindahkan ke dataran berbukit di sisi Sungai TaedongPyongyang bagian tengah. Tembok luar dan dalam didirikan untuk melindungi istana. Tidak diketahui secara jelas bagaimana posisi dan bentuknya yang asli karena hanya tinggal situsnya saja.
Selain di Pyongyang, istana lain bernama Anhakgung (makna:"Istana Bangau Kedamaian") dibangun di bagian barat daya, di kaki Gunung Daeseong. Menurut investigasi dan penelitian, Istana Anhak dikelilingi tembok pertahanan kuat yang berbentuk persegi dan tidak rata. Di dalamnya terdapat banyak bangunan penting seperti gerbang utama yang sejajar dengan poros tengah utara-selatan. Satu sisi tembok bagian dalam, panjangnya 600 meter dan bangunan inti didirikan dalam skala besar dimana sepanjang bagian depan berukuran 50 meter. Pada sudut barat laut di tembok bagian dalam, terdapat bukit yang dikhususkan menjadi taman belakang (huwon).
Baekje
Setelah membangun ibukota pertama di wilayah Hanseong sebelah selatan Sungai Han, yang sekarang adalah bagian kota Seoul, Baekje kembali memindahkan ibukota ke Ungjin (kini GongjuChungcheong Selatan) pada tahun 475 dan ke Sabi(kini Kabupaten Buyeo) pada tahun 538. Bekas ibukota pertama Baekje masih belum bisa diketahui. Beberapa teori menyebutkan berada di daerah Pungnamni dan Mongchon dimana ditemukannya artefak-artefak tembikar.
Tembok benteng (seonggwak) ibukota Baekje di Ungjin dan Sabi dibangun pada dataran landai dekat sungai besar. Istana kerajaan berada di dalamnya. Karakteristik ini serupa dengan rancangan ibukota Goguryeo di Pyongyang.
Di dalam komplek Ungjin telah diekskavasi sumur besar, kolam teratai, dan situs paviliun tinggi (nugak). Dalam babadSamguk Sagi dituliskan bahwa istana Baekje pada masa itu berukuran besar. Dilengkapi dengan taman belakang yang ditanami pohon dan bunga-bunga eksotis untuk dinikmati raja dan para menterinya.
Silla
Kerajaan Silla di sudut tenggara semenanjung baru menjadi kuat pada abad ke-4 dan diperkirakan istananya dibangun mulai saat itu. Menurut Samguk Sagi, istana pertama Silla dinamakan Geumseong ("Istana Emas"), dibangun dalam komplekBanwolseong ("Istana Bulan Separuh") di Gyeongju. Sama seperti istana Goguryeo dan Baekje, Geumseong juga didirikan di lahan perbukitan dekat sungai.
Setelah menyatukan Tiga Kerajaan, Silla Bersatu tidak memindahkan ibukota ke tempat baru, melainkan diperbesar dan diperbaharui. Lokasi Gyeongju yang berada di sudut sebenarnya tidak sesuai dalam mengendalikan keseluruhan bagian Semenanjung Korea. Karakteristik Gyeongju adalah jalan-jalannya dibuat dalam pola garis lurus dimana dalam temboknya dibangun kuil besar bernama Hwangnyongsa (Kuil Raja Naga).
Atas perintah Raja Munmu (masa berkuasa 661–681), sebuah kolam besar bernama Anapji ("Kolam Itik dan Angsa Liar") dibangun dalam komplek vila kerajaan. Kolam Anap berbentuk tidak teratur dimana salah satu sisi dibentuk dengan tanggul tinggi dan lurus dan sisanya di seberang yang lain mempertahankan bentuk alami yang berkelok-kelok. Kolam ini dilengkapi pula dengan miniatur gunung dan bebatuan. Di tempat ini diselenggarakan perayaan-perayaan nasional dan pesta-pesta, jamuan untuk utusan asing apabila sedang tidak digunakan untuk beristirahat. Walau kini Anapji masih terawat dengan baik, lokasi dan bentuk istana asli tidak diketahui.
Dinasti Goryeo
Sama seperti rancangan istana dan ibukota Tiga Kerajaan, Dinasti Goryeo juga memilih situs yang dikelilingi oleh pegunungan. Dikenal sebagai Gaegyeong, ibukota Goryeo ini dikelilingi oleh Gunung Songak dan gunung-gunung lain di 3 sisi. Penguasa Goryeo mendirikan istana dan kantor pemerintahan di lokasi ini dan memadukannya dengan keadaan topografi. Kuil leluhur penguasa dibangun di sebelah kiri istana dan altar Dewa Bumi dan Palawija di sebelah kanan. Istana dikelilingi tembok dalam dan tembok luar, mirip ibukota Cina. Perbedaannya, di Goryeo istana tidak terletak di pusat kota, melainkan di kaki gunung. Tembok istana dalam dan luar berbentuk persegi tak beraturan yang disesuaikan dengan dataran yang bergelombang. Sungai-sungai kecil mengalir melewati dataran berbukit dimana istana berdiri.
Pada saat tentara Mongol menginvasi Goryeo, ibukota dipindahkan ke Pulau Ganghwa di Laut Barat, sementara istana di Gaegyeong musnah dilalap api. Ibukota di Ganghwa bertahan selama 38 tahun. Di sana dibangun istana sementara, kantor dan kuil Buddha. Pada tahun 1270, akhirnya Ganghwa jatuh ke tangan Mongol yang telah mendirikan Dinasti Yuan di daratan Cina. Ibukota dipindahkan lagi ke tempat semula di Gaegyeong. Istana baru dibangun namun tidak semegah yang terdahulu.
Setelah Kekaisaran Mongol runtuh, Dinasti Ming muncul di Cina pada tahun 1350-an dan Goryeo kembali mendapatkan kemerdekaannya. Istana baru bermunculan di luar kota dan istana lama dinamakan Bongwol ("Istana Utama") untuk membedakannya dari istana lain. Bongwol berkali-kali terbakar namun diperbaiki lagi. Setelah dipaksa menyerah oleh pendiri Joseon, Yi Seong-gye, komplek Bongwol diabaikan dan lenyap bersamaan dengan istana lain di sekitar Gaegyeong. Ibukota berpindah ke Seoul, pusat pemerintahan Dinasti Joseon yang baru. Orang-orang Joseon menamakan puing-puing Bongwol sebagai Manwoldae atau "Istana Bulan Purnama".
Dinasti Joseon
Dinasti Joseon (1392-1910) didirikan setelah kejatuhan Dinasti Goryeo dengan ibukota Seoul. Dengan mengamati topografi Seoul, dapat dilihat bahwa rancangannya mengikuti pola Goryeo. Sekeliling Seoul dipagari oleh pegunungan dimana di utara berdiri Gunung Baegak, di timur ada Gunung Nak, di barat ada Gunung Inwang dan di selatan ada Gunung Nam. Setelah memutuskan pada lokasi tersebut, istana dibangun di sudut barat laut dekat kaki Gunung Baegak dan menghadap ke selatan. Kantor 6 menteri dibangun dalam 2 baris di sebelah kiri dan kanan di depan istana. Kuil leluhur (Jongmyo) dibangun di sisi kiri istana dan Altar Dewa Bumi dan Palawija (Sajikdan) di sebelah kanan.
Istana yang didirikan pada masa Joseon masih berdiri di 5 lokasi. Jika dihitung bersama istana lama yang telah hancur, jumlahnya dapat lebih banyak. Setiap istana didirikan dengan tujuan yang berbeda-beda. Beberapa digunakan untuk kediaman raja (jeonggung), sementara istana lain untuk kediaman para selir. Suatu istana didirikan apabila seorang cenayang meramalkan bahwa raja akan lahir di sana. Yang lainnya didirikan di tempat yang dianggap berpengaruh karena gunung yang berdiri di dekatnya. Bentuk dan penampilan tiap istana berbeda-beda pula menurut fungsinya.
Istana-istana besar Joseon yang tersisa hingga kini antara lain Gyeongbokgung ("Istana Kebahagiaan Agung"), terletak di belakang Gwanghwamun ("Gerbang Perubahan Bersinar"), gerbang utama istana yang terletak di pusat kota. Satu kilometer di sebelah timur terdapat Changdeokgung ("Istana Kebajikan Gemilang") dan Changgyeonggung ("Istana Perayaan Gemilang"). Deoksugung ("Istana Dirgahayu Luhur") berada di samping Balai Kota Seoul dan di sebelah barat lebih jauh terdapat Gyeonghuigung ("Istana Semarak Kebahagiaan").

SABTU, 15 OKTOBER 2011

Belajar Bahasa Korea II



1) Huruf vokal
[a]
[ya]
[eo]
[yeo]
[o]
[yo]
[u]
[yu]
[eu]
[i]


contoh)
아이[ai]
아우[au]
야유[yayu]
여유[yeoyu]
오이[oi]
우유[uyu]
이유[iyu]


2) Huruf konsonan
[giyeok]
[nieun]
[digeut]
[rieul]
[mieum]
[bieup]
[siot]
[ieung]
[jieut]
[chieut]
[kieuk]
[tieut]
[pieup]
[hieut]


contoh)  :
거기[geogi]
고가[goga]
고기[gogi]
아가[aga]
아기[agi]
야구[yagu]
여기[yeogi]
이야기[iyagi]
contoh)  :
[na]
[neo]
나이[nai]
누구[nugu]
누나[nuna]
어느[eoneu]
누누이[nunu-i]

contoh)  :
타다[tada]
모두[modu]
두루[duru]
어디[eodi]
주다[juda]
드디어[deudieo]


contoh)  :
미리[miri]
고구려[goguryeo]
다리[dari]
오리[ori]
요리[yori]
우리[uri]
꾸러미[kkureomi]

contoh)  :
나무[namu]
머루[meoru]
머리[meori]
마루[maru]
어머니[eomeoni]
 


contoh)  :
비녀[binyeo]
두부[dubu]
바다[bada]
바보[babo]
보수[bosu]
부부[bubu]
바나나[banana]

contoh)  :
교수[gyosu]
소리[sori]
사자[saja]
서리[seori]
수수[susu]
스스로[seuseuro]
수시로[susiro]

contoh) :
자수[jasu]
바지[baji]
저기[jeogi]
조류[joryu]
주머니[jumeoni]
아버지[abeoji]


contoh) :
차차[chacha]
추수[chusu]
치즈[chijeu]
처마[cheoma]
주차[jucha]
미처[micheo]


contoh) :
키다리[kidari]
코코아[kokoa]
크리스마스[keuriseumaseu]
켜다[kyeoda]
크다[keuda]
커지다[keojida]


contoh) :
타조[tajo]
도토리[dotori]
타수[tasu]
투지[tuji]
버터[beoteo]
토마토[tomato]


contoh) :
하루[haru]
허수아비[heosuabi]
휴지[hyuji]
호루라기[horuragi]
휴가[hyuga]
허리[heori]



3) Pasangan huruf dasar
[ga]
[gya]
[geo]
[gyeo]
[go]
[gyo]
[gu]
[gyu]
[geu]
[gi]
[na]
[nya]
[neo] 
[nyeo]
[no]
[nyo]
[nu]
[nyu]
[neu]
[ni]
[da]
[dya]
[deo]
[dyeo]
[do]
[dyo]
[du]
[dyu]
[deu]
[di]
[ra]
[rya]
[reo]
[ryeo]
[ro]
[ryo]
[ru]
[ryu]
[reu]
[ri]
[ma]
[mya]
[meo]
[myeo]
[mo]
[myo]
[mu]
[myu]
[meu]
[mi]
[ba]
[bya]
[beo]
[byeo]
[bo]
[byo]
[bu]
[byu]
[beu]
[bi]
[sa]
[sya]
[seo]
[syeo]
[so]
[syo]
[su]
[syu]
[seu]
[si]
[a]
[ya]
[eo]
[yeo]
[o]
[yo]
[u]
[yu]
[eu]
[i]
 [ja]
[jya]
[jeo]
[jyeo]
[jo]
[jyo]
[ju]
[jyu]
[jeu]
[ji]
[cha]
[chya]
[cheo]
[chyeo]
[cho]
[chyo]
[chu]
[chyu]
[cheu]
[chi]
[ka]
[kya]
[keo]
[kyeo]
[ko]
[kyo]
[ku]
[kyu]
[keu]
[ki]
[ta]
[tya]
[teo]
[tyeo]
[to]
[tyo]
[tu]
[tyu]
[teu]
[ti]
[pa]
[pya]
[peo]
[pyeo]
[po]
[pyo]
[pu]
[pyu]
[peu]
[pi]
[ha]
[hya]
[heo]
[hyeo]
[ho]
[hyo]
[hu]
[hyu]
[heu]
[hi]
4) Vokal ganda
[ae]
[yae]
[e]
[ye]
[wa]
[wae]
[oe]
[wo]
[we]
[wi]
[ui]
..
contoh) :
[ae]
[gae]
[bae]
[sae]
[hae]
개미[gaemi]
노래[norae]
야채[yachae]
지우개[jiugae]
.. 
.. 
.. 
contoh) :
[yae]
[gyae]
얘기[yaegi]
.. 
contoh) :
[e]
[ne]
가게[gage]
수세미[susemi]
제비[jebi]
메아리[meari]
테이프[teipeu]
.. 
contoh) :
[ye]
[pye]
세계[segye]
시계[sigye]
폐하[pyeha]
.. 
.. 
.. 
contoh) :
와라[wara]
좌우[jwau]
치과[chikkwa]
과자[gwaja]
수채화[suchaehwa]
교과서[gyokkwaseo]
.. 
.. 
contoh) :
[wae]
돼지[dwaeji]
쾌유[kwaeyu]
.. 
contoh) :
[noe]
외부[oebu]
회계[hoegye]
쇠고기[soegogi]
외교[oegyo]
.. 
.. 
.. 
contoh) :
더워요[deowoyo]
고마워요[gomawoyo]
추워요[chuwoyo]
[mwo]
contoh) :
궤도[gwedo]
웨이터[weiteo]
.. 
.. 
contoh) :
[wi]
사마귀[samagwi]
취미[chwimi]
[dwi]
[jwi]
쉬다[swida]
.. 
.. 
contoh) :
의미[uimi]
의사[uisa]
의리[uiri]
의지[uiji]
주의[ju-ui]
회의[hoe-ui]


5) konsonan ganda
[ssang kiyeok]
[ssang digeut]
[ssang bieup]
[ssang siot]

[ssang jieut]




contoh)

[kka]
[kkya]
[kkeo]
[kkyeo]

[kko]
[kkyo]
[kku]
[kkyu]

[kkeu]
[kki]



[tta]
[ttya]
[tteo]
[ttyeo]

[tto]
[tty]
[ttu]
[ttyu]

[tteu]
[tti]



[ppa]
[ppya]
[ppeo]
[ppyeo]

[ppo]
[ppyo]
[ppu]
[ppyu]

[ppeu]
[ppi]



[ssa]
[ssya]
[sseo]
[ssyeo]

[sso]
[ssyo]
[ssu]
[ssyu]

[sseu]
[ssi]



[jja]
[jjya]
[jjeo]
[jjyeo]

[jjo]
[jjy]
[jju]
[jjyu]

[jjeu]
[jji]







contoh) :

까마귀[kkamagwi]
끄다[kkeuda]
조끼[jokki]
꼬리[kkori]

꾸러기[kkureogi]




contoh) :

따르다[ttareuda]
허리띠[heoritti]
[tto]
뜨다[tteuda]

사또[satto]




contoh) :

뿌리[ppuri]
뻐꾸기[ppeokkugi]
삐다[ppida]
아빠[appa]

뽀뽀[ppoppo]




contoh) :

싸다[ssada]
싸우다[ssauda]
쓰다[sseuda]
이쑤시개[issusiga]

아저씨[ajeossi]




contoh) :

짜다[jjada]
버찌[beojji]
찌꺼기[jjikkeogi]
짜리[jjari]

6) Konsonan akhir
konsonan akhir
pengucapan
,,
[k]
[n]
[t]
[l]
[m]
[p]
[o]

contoh) :
곡식[gokssik]
낚시[nakssi]
부엌[bueok]
[bak]
가극[gageuk]
미역[miyeok]
지축[jichuk]
[duk]
석식[seoksik]
[ok]
..
.. 
 contoh) :
[san]
[non]
[nun]
[don]
미관[migwan]
전신주[jeonsinju]
친구[chin-gu]
언니[eonni]
진주[jinju]
안대[andae]
.. 
.. 
contoh) :
[meot]
[got]
[nat]
[nat]
[bat]
[ot]
[yeot]
[kkot]
샅바[satppa]
했다[haetta]
닿소리[datssori]
.. 
contoh) :
[dal]
[gil]
마을[maeul]
연실[yeonsil]
서울[seoul]
[bul]
개울[gae-ul]
저울[jeo-ul]
비밀[bimil]
.. 
.. 
.. 
contoh) :
[mom]
[sum]
김치[gimchi]
[gam]
점심[jeomsim]
사람[saram]
이름[ireum]
[seom]
마음[maeum]
..  
.. 
.. 
contoh) :
[ip]
[ap]
[yeop]
[sup]
[keop]
[bap]
아홉[ahop]
일곱[ilgop]
엎다[eoptta]
업다[eoptta]
.. 
.. 
contoh) :
사랑[sarang]
[gang]
[ppang]
유령[yuryeong]
냉면[naengmyeon]
[seong]
강낭콩[gangnangkong]
[hyeong]
수영[suyeong]
.. 
.. 
.. 
* Contoh pengucapan konsonan akhir lain termasuk konsonan akhir ganda
앉다[antta]
[mok]
맑다[maktta]
[heuk]
읽다[iktta]
여덟[yeodeolp]
넓다[neolptta]
밟다[baptta]
핥다[haltta]
읊다[euptta]
[gap]
없다[eoptta]
삶다[samtta]



  
Perkenalan Diri

Bill :
안녕하세요만나서 반갑습니다저는  스미스라고 해요.
[Annyeong-haseyo. Mannaseo ban-gapsseumnida. Jeoneun Bill Smith-rago haeyo.]
Apa kabar. Gembira sekali bertemu dengan anda. Saya Bill Smith.
저는 IBM 서울 지사에서 근무하고 있어요.
[Jeoneun IBM Seoul jisa-esoe geunmuhago isseoyo.]
Sedang bekerja di kantor perwakilan IBM Seoul.
저는 미국 시카고에서 왔어요.
[ Jeoneun miguk sikago-eseo wasseoyo.]
Saya datang dari Chicago, Amerika Serikat.
한국에   일년 됐어요
[ Han-guge on ji ilnyeon dwaesseoyo.]
Sudah satu tahun di Korea.
아내와  아이가 있어요
[Anaewa du aiga isseoyo.]
Keluarga saya, isteri dan 2 anak.
저는 골프와 테니스  스포츠를 좋아해요.
[Jeoneun golpeuwa tenisseu deung spocheureul joaheyo.]
Saya suka berolahraga termasuk golf dan tenis.
저는 한국을  좋아해요.
[Jeoneun han-gugul cham joahaeyo.]
Saya senang sekali di Korea.
자연도 아름답고 사람들도  친절해요.
[Jayeondo areumdapkko saramdeuldo cham chinjeol-haeyo.]
Pemandangan alamnya cukup indah dan orangnya cukup ramah tamah.


* Kata-kata baru 자기소개 [jagisogae] perkenalan diri소개하다 [sogaehada] memperkenalkan만나서 반갑습니다 [Mannaseo ban-gapsseumnida] gembira sekali bertemu저는 000라고 해요 [Jeoneun 000rago haeyo.] Saya 000.근무하다 [geunmuhada] bekerja미국 [miguk] Amerika Serikat시카고에서 왔어요 [Sikago-eseo wasseoyo] datang dari Chicago한국 [han-guk] Korea  [ilnyeon] satu tahun아내 [anae] isteri아이 [ai] anak골프 [golpeu] golf테니스 [tenisseu] tenis스포츠 [spocheu] olahraga좋아하다 [joahada] suka자연 [jayeon] alam아름답다 [areumdaptta] indah사람들 [saramdeul] orang-orang친절하다 [chinjeol-hada] ramah tamah

Olahraga 축구 [chukku] sepak bola야구 [yagu] base ball탁구 [takku] tenis meja테니스 [tenisseu] tenis볼링 [bolling] bowling당구 [danggu] bilyard수영 [suyeong] berenang달리기 [dalligi] atletik마라톤 [maraton] maraton승마 [seungma] menunggang kuda체조 [chejo] senam하키 [haki] hoki핸드볼 [haendeubol] bola tangan배드민턴 [baedeuminteon] bulu tangkis양궁 [yanggung] memanah골프 [golpeu] golf


Credit: @http://rki.kbs.co.kr/learn_korean/lessons/i_index.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar